Tips Selamat Anak Nonton Youtube


Perkembangan prilaku anak jaman sekarang bila dibanding dengan era kita dulu para orang tua sangat berbeda. Kalau dulu fasilitas teknologi dan informatika sangat terbatas, kini sebaliknya banyak kemudahan bagi siapa saja yang ingin mengakses layanan teknologi dan informatika tersebut tak terkecuali anak-anak. Hal inilah menjadikan kita orang tua harus hati-hati, apalagi sekarang, bukan hal tabu anak kecil sudah lihai memegang laptop dan handphone sehingga bisa mengakses apapun menu yang ada didalamnya termasuk Youtube.

Diakui memang banyak manfaat dan kemudahan dengan adanya Youtube ini, bila dipergunakan dengan baik, tetapi sisi negatif pun tak bisa dihindari jika pemanfaat layanan penyedia video ini tak bisa mengontrol dan tidak bijak dalam penggunaannya. Terkhusus bagi mereka anak-anak yang secara psikologis memiliki naluri keingintahuan yang tinggi


Ini warning buat kita para orangtua agar senantiasa mengawasi dan mendampingi anak-anak ketika mengakses internet, dan berikut beberapa tips agar anak kita aman dan selamat selama mengakses Youtube

1 menonton dengan bersama-sama.

Biasakan ketika menonton video selalu bersama anak-anak kita. Disaat-saat itulah kita bisa memberi pengertian dan mengarahkannya jenis tontonan apa yang sesuai dengan menu anak-anak. Kita pun bisa membantu dengan mengenalkan kata kunci yang tepat untuk menyaring tontonan yang akan mereka pilih.

2 Jika anak menonton sendiri.

Kesibukan sebagai orangtua memang salah satu faktor dimana kita tidak bisa senantiasa mendampingi mereka setiap saat ketika menonton. Terlebih ada juga prilaku anak tidak mau didampingi ketika menonton. Kalau kondisi begitu kita tetap tidak boleh abai, sering-sering tanya apa yang akan mereka tonton, siapa nama pembuat video dan jenis tontonannya. Jangan bosan-bosan kita memberi rekomendasi tontonan yang bersifat edukatif kepada ank-anak.

3 Berperanlah layaknya detektif, karena anak-anak suka diam-diam menonton.

Perlu disadari, Bukan hanya orangtua saja yang memilki privasi, anak-anak pun juga punya hak privasi dan kita menghargai privasi tersebut. Namun sebagai orantua yang baik kita harus tetap mengkontrol apa saja yang telah ditonton oleh anak-anak dengan lihat wacht history. Apabila history telah diharus kita perlu waspada jangan-jangan mereka menonton video bukan untuk kebutuhan belajar tapi untuk yang lain.

4 Pandu dan ajari tentang Subscribe.


Ajari anak untuk mendaftar (subscribe) ke kanal video kesukaannya yang telah kita rekomendasikan. Paling tidak berlangganan mengurangi anak untuk mencari kanal-kanal lainnya yang tidak pantas.  
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment